7 Gunung di Jawa Timur yang Cocok Untuk Pendaki Pemula

458 views

7 Gunung di Jawa Timur yang Cocok Untuk Pendaki Pemula7 Gunung di Jawa Timur yang Cocok Untuk Pendaki Pemula - Mendaki gunung merupakan kegiatan yang edang populer dikalangan anak muda, selain berwisata di alam kegiatan pendakian juga sebagai sarana olah raga yang menarik, karena dapat melatih otot-otot tubuh terutama kaki.

Namun bagi anda yang pemula sebaiknya melatih fisik anda dengan melakukan pendakian yang di rekomendasikan untuk pemula. Jangan mendaki gunung yang tracknya sulit dan memiliki ketinggian yang ekstrim karena selain melelahkan juga sangat berbahaya.

Disarankan untuk para pemula, sebaiknya mendaki gunung yang tak terlalu tinggi. Pilih gunung dengan track yang cukup landai. Selain itu buat para pemula sebaiknya jangan mendaki gunung sendirian. Ajak teman yang sudah pernah mendaki agar keselamatan bisa terjaga.

Gunung di Jawa Timur Untuk Pemula

Jawa timur kaya akan gunung-gunung yang indah dan cocok untuk tempat pendakian termasuk juga pendaki pemula, disini kami akan berbagi informasi mengenai gunung-gung yang cocok untuk pendaki pemula. Buat anda yang suka mendaki gunung wajib simak baik-baik ulasan berikut ini.

1. Gunung Penanggungan (1.653 mdpl)

Gunung Penanggungan

Gunung penanggungan terletak di mojokerto jawa timur, banyak orang yang mengatakan gunung penanggungan adalah miniaturnya gunung semeru karena sama-sama memilki puncak yang tandus. Untuk mencapai puncak di perlukan waktu sampai 4 jam.

Jarak tempuh yang lumyan pendek membuat banyak pendaki pemula yang mencoba menaklukan puncaknya, namun jangan anda berfiikir jika tidak ada tantangan untuk mencapai puncak. Anda akan menemukan trek dengan kemiringan 65’ selain itu gunung penanggungan juga memiliki pemandangan yang menajubkan.

2. Gunung Panderman (2.045 mdpl)

Gunung Panderman

Malang tidak hanya terkenal dengan wisata bermainnya, malang juga punya gunung yang cocok untuk pemula, Salah satunya Gunung Panderman. Terletak di Batu malang gunung panderman memiliki trek yang mudah di tempuh untuk pendaki pemula.

Di atas puncak anda dapat menikmati pemnadangan lautan awan, sunrice dan tentunya pemandangan kota batu dari atas. Namun anda harus hati-hati jika ingin berkemah atau bermalam disini karena di gunung ini masih banyak monyet liar yang berkeliaran.

3. Gunung Ijen (2.443 mdpl)

Gunung Ijen

Siapa yang tidak kenal dengan kawah ijen, kawah yang terdapat di gung ijen ini sudah terkenal luas di kalangan wisatawan baik mancanegara maupun domestik. Gunung ijen juga merupakan gunung yang cocok untuk pemula karena hanya membutuhkan waktu 2,5 jam untuk sampai di puncak.

Jika kita sampai di puncak pada malam hari kita dapat melihat indahnya blue fire yang fenomenal dan melihat penduduk sekitar yang lalu lalang membawa belerang. Gunung ini terletak di banyuwangi jawa timur. Setiap hari gunung Ijen selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

4. Gunung Bromo (2.392 mdpl)

Gunung Bromo

Gunung bromo gunung yang terkenal dengan lautan pasirnya yang luas, untuk mencapai puncaknya trek yang dilalui sangatlah mudah. Anda dapat menikmati indahnya sunrice di atas bukit penanjakan dan indahnya lautan awan diatas puncak.

Selain keindahan sunrise anda juga dapat dengan mudah untuk melihat ke kawah gunung bromo, selain itu anda juga dapat menikmati fasilitas menarik lainnya seperti berkuda diatas lautan pasir atau sensasi berjalan diatas lautan pasir. Keindahan Gunung Bromo ini sudah terkenal di seluruh penjuru tanah air.

5. Gunung Baluran (1.247 mdpl)

Gunung Baluran

 

Meski tidak memiliki ketinggian yang menantang gunung baluran tetap patut untuk didaki, karena di gunung ini memiliki banyak koleksi fauna maupun flora yang dilindungi hal ini dikarenakan lokasi gunung baluran masih terletak di kawasan taman nasional baluran, situbondo.

Gunung Baluran memang sangat cocok untuk para pendaki pemula karena puncaknya yang tak terlalu tinggi. Selain itu track menuju puncak juga cukup landai. Selama perjalanan menuju puncak, anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam eksotis lengkap dengan berbagai macam fauna di dalamnya.

6. Gunung Kelud (1.731 mdpl)

Gunung Kelud

Gunung yang beru erupsi pada tahun 2014 ini sudah dapat di daki kembali, meski hanya memiliki ketinggian 1.731 mdpl gunung kelud menyimpan trek yang menantang dengan pemandangan khas gunung berapi. Jika anda menginginkan trek yang menantang, sekitar 4-6 jam untuk mencapai puncak.

Anda dapat memulai pendakian melalui jalur tulungrejo, blitar. Setelah melewati 3 pos makan anda akan sampai di puncak dengan pemandangan sisa-sisa erupsi yang eksotis dan jangan lupa membawa perbekalan air yang cukup, karena di gunung ini minim sumber air.

Baca juga : Tempat Wisata Menarik di Pulau Bali

7. Gunung Budheg (600 mdpl)

Gunung Budheg

Pernahkah anda mendengar nama gunung Budheg? Ya, gunung Budheg adalah salah satu gunung yang tak begitu tinggi di Jawa Timur. Gunung tersebut berapa di Kabupaten Tungagung. Gunung yang satu ini sangat cocok untuk para pendaki pemula karena tidak terlalu tinggi.

Ketinggan gunung Budheg hanya mencapai 600 mdpl saja. Namun jangan salah, track untuk menuju puncak cukup terjal. Sangat cocok untuk latihan pendaki pemula. Pemandangan dari atas gunung Budheg sangat bagus, apalagi saat matahari terbit. Biaya masuk gunung Budheg sangat terjangkau, yakni hanya 5.000 rupiah saja.

Jawa timur memang memiliki keindahan alam yang sangat banyak, namun bagi anda penyuka pendaki gunung yang masih pemula tidak ada salahnya untuk mencoba mendaki gunung-gunung diatas, dan pastikan anda memiliki perbekalan yang cukup. Sekian info mengenai beberapa gunung di Jawa Timur untuk pendaki pemula. Semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • gunung di jawa timur untuk pendaki pemula
  • gunung untuk pendaki pemula di jawa timur
  • daftar gunung dijawa timur untuk pendaki pemula
  • gunung untuk pemula jawa timur
  • gunung untuk pemula di jawa timur
  • gunung ramai pendaki dijawa timur
  • gunung pemula yang ada dijawa timur
  • gunung pemula jawa timur
  • gunung pemula jawa rimur
  • gunung di jatim pemula
Author: 
    author
    Admin web wisatarekreasi.com yang baik hati, tidak sombong, rajin menabung, dan suka jalan-jalan.